Sejarah Pendidikan Islam pada Masa
Rasulullah Saw - Perkembangan dunia pendidikan
yang sekarang kita rasakan, merupakan hasil dari proses perkembangan pendidikan
yang terjadi di masa lampau. Dimana sejarah pendidikan sudah ada sejak Islam
diturunkan oleh Allah di muka bumi ini, yakni sejak nabi Adam As diutus oleh
Allah untuk menjadi khalifah yang pertama di dunia. Proses atau pendidikan pada
masa Rasulullah tepatnya adalah ketika beliau diutus Allah menjadi Nabi
sekaligus Rasul yaitu untuk mengemban risalah Islam. Pendidikan yang ada pada
masa Rasulullah tidaklah jauh berbeda dengan pendidikan yang ada pada masa
sekarang. Dimana Nabi Muhammad Saw dalam menyebarkan Islam sudah dapat
menggunakan metode-metode yang sesuai dengan perkembangan masa itu. Sehingga
apa yang menjadi tujuan dari setiap pendidikannya tersebut terlaksana dengan
prestasi yang memuaskan. Namun, sarana pendidikan yang ada pada masa Rasulullah
sangatlah jauh berbeda dengan sarana dan prasarana pendidikan modern sekarang
ini. Dimana pada waktu itu belum ada apa yang kita katakana gedung sekolah,
serta sarana penunjang lainnya seperti apa yang ada pada masa sekarang, tetapi
tujuan pendidikan justru lebih berhasil ketika masa Nabi Saw dibandingkan
dengan keberhasilan pendidikan yang diharapkan pada masa sekarang. Keberhasilan
pendidikan yang diterapkan oleh Rasulullah Saw bukan saja dirasakan oleh
masyarakat Makkah dan Madinah, namun sudah menyebar hampir di seluruh jazirah
arab.
Nabi Muhammad Saw sudah membawa
misinya ke Arab dan dunia, dan sudah menghasilkan pembaharuan dalam bidang
keagamaan dan social yang sudah menggegerkan dunia dan menarik manusia di
dunia. Ajaran kepercayaan ini sudah diadopsi oleh lebih dari 300 juta manusia
(Hasan Ibrahim, 1989).
Pendidik
Semenjak Muhammad diangkat menjadi
Rasul, dengan wahyu yang pertama surat al-‘Alaq ayat 1-5 maka mulailah
beliau menjalankan misi tersebut untuk menyebarkan ajaran Islam kepada
masyarakat Makkah dan seluruh dunia. Berkenaan dengan ini, yang menjadi aktor
utama (pendidik) adalah Rasul sendiri sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah
dalam QS 34 ayat 28, yang artinya ”... Kami tidak mengutus kamu, melainkan
kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai
pemberi peringatan”. Atas dasar firman Allah tersebut, maka Nabi Saw
mendapat wewenang penuh dari Allah Swt langsung sebagai pembawa risalah
sekaligus tenaga pendidik serta penanggung jawab atas pengembangan pendidikan
Islam. Penegasan dan penugasan wewenang itu juga terdapat dalam surat lain,
yakni QS. 21 ayat 107.
Dengan segala keuletan, kesabaran,
ketegaran dan ketawakkalan Nabi Saw serta dibantu oleh beberapa asisten belaiu,
maka Islam berhasil mencapai kejayaannya terhadapa dunia pendidikan Islam dari
Makkah terus Madinah bahkan hampir seluruh jazirah arab juga ke Persia.
Peserta Didik
Dalam menyampaikan risalah Islam
dari Allah Swt melalui wahyu-Nya, maka Nabi Saw pada awalnya memberikannya
kepada orang yang terdekat dengan beliau yakni istrinya. Hal ini dilakukan
karena belum adanya perintah langsung dari Allah bahwa ketika pertama kali
Muhammad dilantik menjadi rasul untuk menyebarkan risalah Islam dengan wahyu
yang pertamanya surat al-‘Alaq ayat 1-5. Kandungan surat ini kurang lebihnya
bahwa mengajak umat Islam khususnya dan seluruh umat manusia pada umumnya untuk
giat dan pandai-pandai mencari ilmu serta pandai-pandai membaca situasi dan kondisi
agar kita tidak tersesat pada jalan yang salah, sehingga kita diharapkan
tergolong orang-orang yang dimuliakan oleh Allah Swt.
Kemudian disusul dengan wahyu yang
tercantum di dalam QS. 74 ayat 1-7 yang artinya:
”Wahai orang-orang yang berselimut.
Bangunlah, untuk memberikan peringatan. Agungkan (nama) Tuhanmu, dan bersihkan
pakaianmu. Dan tinggalkan perbuatan dosa. Dan janganlah engkau member untuk
mendapatkan (balasan) yang lebih banyak dan demi Tuhanmu, bersabarlah.”
Perintah dan petunjuk tersebut
pertama-tama tertuju pada Nabi Muhammad Saw tentang apa yang harus dilakukan,
baik terhadap dirinya sendiri maupun umatnya. Setelah yakin benar bahwa ajaran
tersebut megandung misi yang suci, maka Nabi Saw mengajak istrinya untuk
beriman dan menerima petunjuk-petunjuk Allah, kemudian diikuti oleh Ali bin Abi
Thalib (anak pamannya) dan Zaid bin Haristan (seorang pembantu rumah tangganya,
yang kemudian menjadi anaknya angkatnya). Kemudian dilanjutkan kepada sahabat
karibnya yakni Abu Bakar Shiddiq, kemudian keluarga dekat dari suku Quraisy,
seperti Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, Sa’id bin Abi Waqas, Abdurrahman
bin ‘Auf, Thalhah bin Ubaidillah, Abu Ubaidillah bin Jarrah, Arqam bin Abi
Arqam, Fatimah bin Khattab bersama suaminya Said bin Zaid.
Mereka itulah orang-orang yang
mula-mula masuk Islam (Assabiquna al-Awwaluna), pusat
pendidikannya yaitu di rumah salah seorang sahabat yang bernama Arqam bin Abi
Arqam. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt dalam QS. 26 ayat 213-216 yang
artinya,
“Maka janganlah kamu menyeru
(menyembah) Tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu Termasuk
orang-orang yang di'azab dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang
terdekat, dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, Yaitu
orang-orang yang beriman. Jika mereka mendurhakaimu Maka Katakanlah:
Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan.”
Kegiatan pembelajaran di rumah Arqam
ini berlangsung selama lebih dari 5 tahun hingga akhirnya turun petunjuk dan
perintah dari Allah agar Nabi dalam memberikan pendidikan dan seruannya secara
terbuka. Sebagaimana dalam QS. 22 ayat 94. Berlandaskan pada ayat ini, maka
Rasulullah Saw dengan tekad yang mulia menyebarkan pendidikan Islam pada
seluruh penduduk Makkah juga masyarakat di luar kota tersebut seperti Madinah,
terutama mereka yang datang ke Makkah. Dengan demikian, tantangan yang dihadapi
Nabi Saw pun semakin terbuka pula dan karena pertolongan Allah dalam menghadapi
rintangan. Maka, pendidikan Islam lama-kelamaan dapat diterima dan diyakini
oleh penduduk Jazirah Arab dan Asia bahkan dunia.
Dari penjelasan di atas dapat
dikemukakan bahwa peserta didik pada masa Rasulullah Saw adalah keluarganya
sendiri, family terdekat, sahabat terdekat dan masyarakat luas yang ada di
daerah Arab.
Metode Pendidikan
Keberhasilan pendidikan Islam pada
masa Nabi adalah karena kepiawaian Nabi dalam menggunakan merode pembelajaran
yang tepat. Di antara metode-metode yang sering digunakan Nabi adalah metode
ceramah, hafalan, Tanya jawab dan sosio drama dalam bentuk penulisan dan
pengamalan.
Kurikulum
Pendidikan Islam pada masa
Rasulullah Saw berpedoman/berkurikulum pada al-Qur’an dan hadits atau sunnah.
Karena ajaran-ajaran Islam yang terdahulu ketika dibawa oleh Nabi Ibrahim sudah
ditinggalkan oleh masyarakat dan mereka menganut kepercayaan nenek moyang
mereka yang sesat. Sehingga diharapkan dunia pendidikan Islam pada masa
sekarang pun harus berpedoman terhadap al-Qur’an dan al-Sunnah.
Berdasarkan uraian di atas, dapat
dikemukakakan bahwa sejarah pendidikan Islam sudah ada sejak zaman Rasulullah
yakni dengan bukti seperti yang masih dapat kita lihat, seperti:
- Adanya al-Qur’an dan Hadits sebagai pedoman umat Islam.
- Adanya perubahan secara radikal sebagai akibat risalah dari Rasulullah Saw.
- Tindakan bijaksana Nabi terhadap tawanan perang untuk dibebaskan dengan syarat mengajar baca tulis pada kaum muslimin.
- Bukti fisik seperti Gua Tsur, Gua Hira, Masjid Nabawi, Masjid Quba, Makam Nabi Saw dll.
Sesungguhnya umat Islam itu memiliki
potensi yang sangat kaya dalam dunia pendidikan, dan dari beberapa metode yang
diterapkan ternyata jauh lebih canggih, untuk diterapkan pada dunia pendidikan
Islam pada masa sekarang. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan tercapainya
peradaban masyarakat Arab dan sekitarnya yang dulu menjadi masyarakat yang
sesat dalam keyakinan, kini menjadi masyarakat yang berakidah dan memegang
teguh ajaran Islam dalam kurun waktu yang relatif pendek yaitu 23 tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar